Masih di Malang?


Akhir-akhir ini sering banget dapet pertanyaan itu.

Status saya sebagai warga luar kota yang cukup lama di Malang, sementara sebagian besar teman-teman saya udah pada entah ke mana seringkali memunculkan pertanyaan "Kok ya masih kerasan aja di Malang?" "Kok gak pulang aja ke Blitar?"

Ya suka-suka aku dong! kok situ kepo sih? situ pengen dicolek pake garpu ya? #jawaban versi nyolot

Hakhakhak...enggak ding, mari kita telusuri (jalan kali ditelusuriii) jawaban versi cantik dan baik hatinya.

salah satu sudut Kota Malang
credit image : piluspedesmanis.wordpress.com


Selain karena emang kerjaan saya ada di Malang, ada beberapa alasan lain kenapa saya kok cinta banget sama kota ini.


* Suasana

Karena di sini banyak kampus, otomatis kota ini jadi rame banget dan lumayan cepat perkembangannya. Surabaya pun gitu sih, tapi di sana kan panasnya minta ampun, apalagi Jakarta...ini belom ngomongin masalah macetnya yang bikin hati tambah panas...zzzz.

Sementara di sini suhunya masih asik sepoi-sepoi, kadang malah dingin banget, dan tingkat kemacetannya pun masih bisa ditolerir.

Bangunan bertingkat yang lebih dari empat lantai masih jarang di temui di sini, di pinggir jalan juga masih banyak keliatan ijonya pohon, jadi udaranya masih lumayan seger.

Kota ini nggak sepi-sepi banget, tapi rame banget juga enggak, ideal lah *ta'elaaaah bahasanya

Emang bener kata temen saya yang dari luar kota tapi hobi banget main ke Malang, dia bilang gini :

"Malang itu tempat refresh paling mujarab, yang tadinya sumpek-sumpek...begitu masuk Malang langsung seger, padahal ya cuma muter-muter aja, gak ngapa-ngapain"

*yekaaaaaan...kaaaan

*Banyak warung nasi padang yang enak

ini salah satu favorit saya, Ampera Roda Baru
credit image : Google Map

Yep, saya fan beratnya nasi padang yang penuh lemak dan kolesterol itu. Tapi ya gimana, enak sih! hakhakhak*kekep sepiring nasi padang lauk rendang

Misalkan jalan-jalan ke pantai atau ke mana gitu di pelosok Malang, kalo kelaperan pasti nyarinya nasi padang.
Kalo gak nemu saya bela-belain nahan laper sampe masuk kota lagi demi ketemu sama makanan endeus ini.

Di sini, nasi padangnya yang ada cuma kategori ada enak dan enak banget. Entah itu warung pinggir jalan sampe yang kelas resto pun, belom pernah ngerasain nasi padang yang gak enak. Sepiring pasti ludes gak bersisa. *kalo yang ini sih namanya doyan -___-

Di Blitar mah boro-boro...
Saya nemu warung nasi padang juga baru beberapa taun terakhir dan rasanyaa gak ada legit-legitnya...hadeh, penonton jadi kuciwa.

Pernah juga nyoba di Tulungagung, tetep aja rasanya so so, dan yang bikin keki adalah...sayurnya bukan daun singkong, tapi bayem! Penonton shock karena rasanya jadi aneh.
Mungkin waktu itu saya lagi sial aja, mungkin aja yang jualan daun singkong lagi absen kena diare, makanya digantiin daun bayem dari halaman belakang.

Padahal dua tempat yang saya cobain ini bukan warung pinggir jalan, tapi masuk kategori rumah makan yang lumayan gede...sigh.

* Ada bebek goreng Haji Slamet

 Bebek Goreng Haji Slamet Suhat
credit image : Google map
Keliatan banget ya yang dipikirin cuma makan...hihihihi

Tapi coba deh diamati, ketiga gerai bebek goreng Haji Slamet yang di Malang ini gak pernah sepi. Kalo udah lewat jam 2 atau 3 siang gitu, kalo mau ke sana pasti mikir-mikir dulu...jangan-jangan di depan udah gantung papan bertuliskan "habis", apalagi pas weekend.

Selain bebeknya yang sedep, sayur daun pepaya rebus yang gak kerasa pait, yang paling khas lagi ya sambel yang pedesnya gak sopan itu...tapi bikin nagih.*lap iler dulu

* Ada 21 Cineplex

Di tempat kelahiran saya gak ada soalnya, sampe saat ini...zzzz.

Saya gak terlalu sering nonton pilem sih, tapi nonton adalah salah satu kegiatan refresh yang paling mujarab. Pilem bikin kita ketawa ngakak-ngakak, nangis sesenggukan, atau tiba-tiba jadi komentator ulung yang menghujat aktris yang dialognya kaya sinetron itu #loh?

Harus ya nontonnya di bioskop?

Untuk beberapa pilem tertentu yang bikin saya penasaran, iya-harus-banget. Harus yang layarnya segede dosa, suara soundsistem yang menggelegar, ruang gelap, dan bersama banyak penonton lainnya.

Favorit saya 21 yang di Mandala, karena murah..muahahahahaha*ketawa pelit.

Habis, yang di Matos harga tiketnya hampir satu setengah kalinya Mandala, apalagi pas wiken, sementara yang di Plaza Dieng kebanyakan yang diputer pilem luar. Padahal aku kan cinta produk Indonesia (kalo pilem luar mah bisa nonton di komputer aja, hakhakhak)...kurang nasionalis gimana cobak?

Selain itu kalo di Mandala, mau ke mana-mana setelah nonton deket, ditambah lagi ada yang jualan matcha dingin yang sueeeger di depan bioskop (tetep...ujung-ujungnya makanan ya bok).

* Banyak taman yang asik

Belom sebanyak di Bandung  sih yang sampe ada Taman Lansia, Taman Pilem, Taman Jomblo, Taman Fotografi, de es be. Tapi lumayan lah buat duduk-duduk santai menikmati sore hari.

Taman Bentoel Trunojoyo
credit image : halomalang
Taman Bentoel Trunojoyo ini salah satunya. Adanya fasilitas bermain untuk anak-anak seperti air mancur dan ayunan membuat taman ini gak pernah sepi pengunjung.

Bagi yang pengen bersantai, bisa duduk di bangku-bangku yang tersedia tanpa perlu khawatir kepanasan karena di atasnya dibangun kanopi. Selain itu pohon pohon di taman ini juga lumayan gede dan rindang.

Kalau bosan pengen baca-baca, ada perpustakaan kecil di sebelah timur taman. Laper ? Haus ? bisa langsung loncat ke para penjual di luar taman. Tapi ingat, sampahnya gak boleh dibuang sembarangan yaaaa...
Taman ini sudah dilengkapi beberapa tempat sampah, jadi jangan bikin malu dengan buang sampah seenaknya.

Selain Taman Bentoel Trunojoyo ini, ada beberapa taman lain yang gak kalah asri seperti taman di depan Balai Kota Malang atau lebih di kenal dengan Alun-Alun Tugu yang punya kolam teratai di tengah-tengahnya.

Taman Merbabu yang punya tempat bermain, alat olahraga, jogging track, dan arena bermain lengkap dengan pasir dan bola-bolanya.

Satu lagi yang paling heits akhir-akhir ini tentunya :

Wajah baru Alun-Alun Merdeka
credit image : halomalang

Sekitar setaun lalu, Alun-Alun Merdeka ini ditutup sementara. Kenapa? Kena kasus?

Oh, tentu tidak...alun-alun ini lagi direnovasi gede-gedean dan baru dibuka kembali beberapa bulan lalu dengan penampilan yang lebih ciamik, lebih nyantai dengan bangku-bangku imut, dan yang paling seru adalah pertunjukan air mancurnya.

Saya suka nyantai di sini karena banyak yang bisa diamati, kalau denger adzan bisa langsung koprol ke Masjid Jami', kalau pengen belanja tingal nyebrang, kalau laper juga tinggal pilih aja mau makan di sebelah mana, dan ada Gramediaaaaa....surganya kutubuku macam saya ini, hihihihi.

Hmmm...itulah beberapa hal yang bikin saya betah di sini, yang susah ditemui di beberapa tempat lain. Saya bukan warga asli sini, tapi cinta saya sama kota ini gak kalah besar loh dari warga-warga lainnya...hakhakhak *kresek mana kresek...mau muntah denger gombalan pagi-pagi




Comments

Popular posts from this blog

G-Dragon - Crooked

Jalan-Jalan : Museum Angkut

Air Terjun Sumber Pitu : The Trip