Jalan-Jalan : Museum Angkut

credit image : Amirul

Holaaaaa...holaaaaaa.....jalan-jalan lagi setelah sekian lamaaaa...senangnya hatiku :D
As you see above, destinasi kali ini agak menyimpang dari biasanya. Gak ada ombak dan gak ada air terjun, yak...kali ini kita ke Museum Angkut! *clapclapclap
Saya bukan tipe orang yang suka banget sama tema amusement park ataupun tempat rekreasi indoor, excitemennya itu loh...gak akan mampu menyaingi tempat rekreasi bertema alam.

Tapi, mumpung teman saya Diana dan adiknya ke Malang, sebagai tuan rumah yang baik (saya dan Linda maksudnya), ya kita kudu nurutin mereka maunya kemana.
Bukan ogah-ogahan loh ya...heitsss, jangan syalah! Saya mah tetep enjoy aja, wong diajak nongkrong ke alun-alun aja juga hayuk.*banci acara
Anggota jalan-jalan kali ini ada enam orang, saya, Linda, Amirul yang lebih enak dipanggil Combor (hihihi) dan adiknya - Riska, Diana sama adiknya - Nata de Coco.

Museum Angkut ini terletak di jalan kembar Sultan Agung, Kota Batu. Buka mulai jam 12.00 s.d jam 20.00 WIB. Bagi yang sudah pernah ke BNS (Batu Night Spectacular), pasti tau dong pertigaan kalau belok kiri arah ke pasar Batu dan kalau lurus arah ke alun-alun kota Batu ?
Nah bisa lewat situ, belok kiri ke arah pasar Batu, trus notok pertigaan belok kanan, luruus aja ketemu jalan kembar, ntar Museum Angkut akan perlahan-lahan keliatan di kiri jalan.

Museum Angkut ini tergolong masih baru, tentunya masih hits dong ya (bukan obat nyamuk...zzzz).
Karena kita kesana hari Sabtu dan bertepatan dengan tanggal merah pula, sudah bisa dibayangkan gimana macetnya. Bis-bis pariwisata gede, mobil, dan motor kebingungan cari lahan parkir. Kita kebagian parkir lewat jalan tanjakan yang mau naik serem, mau turun juga serem...sebel deh ih!

Tiket masuk untuk weekdays cukup 50 ribu saja, weekend dan hari libur jadi 75 ribu. Kita milih yang tiket 85 ribu.......lhoh?

Belagu banget sih? ente kebanyakan duit ya? -_____-

Oh...tentu tidaak...kalau kita bayar tiket 85 ribu, itu termasuk tiket terusan yang artinya kita bisa terus masuk ke Pasar Apung Nusantara dan D'Topeng Kingdom.
Kalau cuma ke Pasar Apung Nusantara dan D'Topeng Kingdom saja, cukup bayar 30 ribu pada waktu weekdays dan 50 ribu untuk weekend.
Untuk yang bawa kamera ada biaya tambahan 30 ribu, atau kalau gak mau bayar bisa dititipkan di penitipan barang.

So...markilat (mari kita lihat) hasil jalan-jalan kita kali ini...



penampakan di salah satu sudut lantai satu
credit image : Amirul


mobil yang pernah dipakai Bung Karno
credit image : Amirul
Yuuk mariii....begitu masuk kita disambut sama ruang luas yang isinya alat transportasi berderet-deret mulai dari kereta kencana sampe mobil listrik.
Kebanyakan mobil-mobil lama keluaran brand ternama seperti Ferari, Ford, Lamborghini, delele. Alat-alat transportasi yang dipamerkan dilengkapi dengan papan informasi yang isinya sejarah dari alat transportasi tersebut.
Sayangnya, entah karena kondisi museum yang terlalu padet pengunjung atau memang petugasnya yang kurang, gak ada petugas yang menjelaskan lebih rinci dan melayani pertanyaan pengunjung.
Saya liat sih ada petugas berseragam, tapi mereka cuma berdiri-berdiri aja jagain barang-barang yang didisplay, atau sekali-kali betulin letak barang kalau ada yang salah.


pose ter o'on tahun iniii
credit image : Amirul
Kelar dai lantai satu, mari kita naik ke lantai dua.
Lantai dua ini masih didominasi alat-alat transportasi, tapi lebih didominasi sama miniatur kapal laut, becak, pedati, gerobak, dan bendi.
Masih ada sederatan mobil tentunyaaa -___-


credit image : http://eppymustika.blogspot.com/


credit image : Amirul

Ada yang menarik di lantai ini, ada beberapa corner khusus berisi tentang ilmu pengetahuan yang dikemas cukup menarik. Misalnya, foto di bawah ini adalah corner yang menceritakan tentang seluk beluk knalpot. Ada beberapa knalpot beneran yang dipajang, trus kita disuruh mencocokkan dengan bunyinya, ada puzzle untuk mencocokkan jenis kendaraannya, ada LCD yang menapilkan knalpot dari masa ke masa, dan papan pengetahuan mengenai seberapa besar pengaruh emisi gas buang kendaraan bermotor pada alam kita.

Lumayan lah, cukup mengundang rasa penasarannya orang dan akhirnya mencari tahu...good job ;)

Corner-corner lain berisi tentang simulasi cara kerja kerta uap, mesin diesel, delele.

credit image : http://eppymustika.blogspot.com/

Keluar dari sana, kita turun menuju replika beberapa kota besar dunia. Kalo dipikir-pikir (iiihh,..sok mikir bangeeet) Museum Angkut ini emang didedikasikan untuk para makhluk narsis kayak kita.
Setiap sudutnya selalu "jepretable" deh bok. Jadi ya jangan heran kalo noleh kanan kiri yang keliatan tongsis menjulang ke mana-mana.

Oke, kembali ke replika kota-kota besar dunia.
Replika yang ini terasa palsunya banget, dari materialnya aja udah keliatan..hakhakhak.
Tapi sok atuh, kapan lagi bisa merasa keliling dunia dalam hitungan tiga sampai empat jam saja? tanpa pake "pintu ke mana saja" punya Doraemon pulak...tapi kudu bayar tiket 85 rebuuu...zzzzz

Kota pertama yang kita masuki, kawasan Kota Tua Jakarta. Mulai dari Pecinan Glodok, Stasiun Jakarta Kota, Pelabuhan Sunda Kelapa, dan Kantor Pos Kota Tua.
Effortnya lumayan lah untuk membuat suasana replika ini mendekati aslinya.

pose duluuuu
credit image : Amirul
Dari Kota Tua, kita masuk ke...errr....Jepang deh kayanyknya, Kyoto mungkin.
Kenapa saya susah mengingat? Karena emang gak terlalu berkesan, lha wong isinya cuma mobil, motor, sepeda dijejer-jejer aja, lebih mendekati bengkel gitu..dan yang lebih konyol lagi, diantara deretan sepeda nyempil wallpaper Kakashi dan Sakura.
Iyaaaa...Kakashi dan Sakura yang di Naruto itu!
Mungkin maksudnya menambah suasana "kejepangannya", but believe me, itu gatot dan garing banget.
Jadi mari segera keluar saja dan menuju ke....

Broadway!!!

Woohoo, yang ini saya suka deh. Feelnya dapet *ampun deh boook, berasa kaya audisi Indonesian Idol aja
Meskipun saya belom pernah ke Broadway Street Chicago sana, tapi replika yang ini saya suka. 
Bentuk-bentuk bangunannya, desain kota, kesan vintagenya, poster-poster, sampe cat temboknya yang warna-warni pun saya sukaaaa.
Dibikin outdoor pula, jadi berasa kaya jalan-jalan di Broadway Street beneran.
Ditambah lagi musik-musik yang mengalun dari hampir tiap-tiap bangunan, berasa pengen langsung masuk ajaa...tapi gak bisa, soalnya itu cuma papan -____-
Semoga bisa jalan beneran di versi aslinya ya, someday *amiiiiin


cover album selanjutnya :P
credit image : Amirul

Broadway Street Baby!
credit image : http://eppymustika.blogspot.com/

Kota selanjutnya Roma, Paris, Berlin trus masuk ke London, dan ditutup dengan BALIK LAGI ke Las Vegas.

Iyee..balik lagi!

Saya kurang begitu ngerti sih maksud konsepnya. Kalau di peta pelajaran geografi kan jelas-jelas Chicago dan Las vegas itu terletak dalam satu benua yaitu Amerika, trus Roma, Paris, Berlin dan London masuk benua Eropa.
Kalau ikut alur yang di museum ini, saya rugi di tiket pesawat dong...hakhakhak.

Bayangin aja dari Chicago benua Amerika, trus naik pesawat untuk tur ke Eropa, trus...pas nyampe London baru inget.."kok, kemaren pas di Amerika gak mampir Las Vegas ya? Yuk ah, balik lagi ke Amrik..."*ngeeeeeng...naik pesawat lagi
Gak efisien banget kan?

Itu cuma analisa konyol saya sih, hihihihihi. Mungkin yang bikin museum menyesuaikan space juga dan space yang cocok buat Las Vegas di akhir...mingkin begitu.



numpang naek vespa di Itali
credit image : Amirul

nongkrong dulu bok, mumpung di Roma
credit image : Amirul

foto sama eyang putri dulu ya..hihihihi
credit image : Amirul




Kelar tur keliling dunia, kita menuju Pasar Apung Nusantara dan lanjut masuk ke D'Topeng Kingdom. Berhubung kita masuknya habis maghrib, jadi ya nggak terlalu banyak yang dieksplore (alasan lain, sebenernya karena perut udah keroncongan, cacing piaraan minta makan...hihihihi)

Kalau masuk Pasar Apungnya pas siang asik kali ya, bisa sambil naik-naik perahu kaya di pasar apung beneran di Kalimantan atau Thailand. Cuma ini karena udah malem, gelap, jadi cuma jalan-jalan keliling stan souvenir dan liat-liat air dari jembatan aja.

Tadinya pas belom masuk sini, saya kira pasar apung tuh beneran kaya pasar di atas air yang jualan berbagai macam barang dari atas perahu.
Jadi ada penjual beneran, dan kita (para pengunjung) bisa langsung beli-beli di situ.

Di atas air dan di atas perahunya bener sih, tapi barang-barang kaya sayur-sayuran yang ada di perahu.... lagi-lagi palsu..huhuhuhuhu..dan gak ada yang jualan dari atas perahu tentunya.

Rontok sudah bayangan indah bawa oleh-oleh kubis yang dibeli dari Pasar Apung T_T.


penampakan pasar apung dari Las Vegas nya Museum Angkut..hihihihi
credit image : Amirul

Masuk D'topeng Kingdom juga gitu, cuma keliling aja, jeprat-jepret dikit, trus gak sampe 30 menit udah keluar lagi...hakhakhak
Sebenarnya isinya bagus loh, sarat informasi dan sejarah.
Isinya sudah pasti banyaaaaaak sekali koleksi topeng dong ya, dari berbagai daerah, dengan berbagai mimik wajah.

Selain itu, ada banyak sekali artefak dari Sabang sampai Merauke. Mulai dari kotak kayu segede orang yang saya kira peti mati, tapi ternyata lemarinya orang Sumatra jaman dulu, sampe patung asmat ada di sini.
Enaknya lagi di sini ada kurator yang siap ditanya-tanya dan menjelaskan sedetail-detailnya mengenai barang-barang yang dipajang di museum ini.
Ada live musik keroncong juga yang disuguhkan oleh sekelompok bapak-bapak seniman.
Menarik sebenarnya, mungkin lain kali bisa khusus ke sini aja biar bener-bener menikmati isi museum D'Topeng ini.
Sayangnya hari itu tenaga kita udah terkuras di Museum Angkutnya.


credit image : Amirul

credit image : Amirul
Oke...selesailah perjalanan kita keliling Museum Angkut, Pasar Apung Nusantara, dan D'Topeng Kingdom. Mulai masuk jam 2 siang, dan keluar jam setengah 7 malam...energinya udah tinggal sepotong-sepotong.
Suasana baik di dalem dan di luar masih rame aja bok, heran deh orang-orang ini batrenya keluaran mana ya...kok masih kuat berlama-lama di sana sampe jam segitu.

Keluar parkiran? Oh...tentu saja macet sekaliiii.

Worth it lah, gak ada salahnya sekali-sekali mengunjungi tempat-tempat seperti ini. Ada banyak hal yang bisa dipelajari di sini, selain belajar berbagai pose foto tentunya -___-.
Salut untuk kota Batu yang sampai saat ini masih menjaga konsistensinya sebagai Kota Wisata dengan terus mengembangkan berbagai macam destinasi wisata menarik.

Sepertinya yang nulis udah pegel,...jadi...dadah bubye, have a nice weekend ;).


Comments

Popular posts from this blog

G-Dragon - Crooked

Air Terjun Sumber Pitu : The Trip

Masih di Malang?