First Time

fotonya gak sesuai judul #maksa #biar aja
credit image : http://eppymustika.blogspot.co.id/

There's always "first time" for everything.

Kalimat itulah yang sering keliatan selama seminggu terakhir ini.
Gak tau kenapa, gak sengaja aja gitu dan munculnya pun random. Misalnya, di cerita fiksi yang lagi saya baca, di blog orang, di tulisan chat ketika menyemangati sohib saya yang lagi desperate karena nyoba ngasi susu ke anaknya pake gelas dan hasilnya muncrat ke mana-mana, dan di status sosmed.

Jadi, marilah kita bahas beberapa cerita "first time" dalam posting kali ini, dan ini beberapa yang berhasil saya inget:

* Pertama kali ngekost

Hakhakhak, drama banget deh. Saya pertama kali ngekost itu awal masuk SMA.

Tiap sore liat ke jendela, dan gak terasa mata udah ngembeng, ujung-ujungnya mewek. Maklumlah, si anak piyik ini lagi homesick.

Saya dulu sering banget bad mood kalo baru bangun tidur siang, bawaannya pengen marah, pengen nangis, suram deh pokoknya. Apalagi ini ditambah baru ngekost, jauh dari rumah dan segala kebiasaannya, jadilah bad mood ini selalu menggerayangi (menggerayangi bok?) tiap bangun tidur siang.

Tapi tetep aja tidur siang tiap hari *ya mau gimana *hobi sih -____-

Tiap hari, kecuali hari sabtu minggu, saya udah bak Krisdayanti yang kerjaannya menghitung hari. Ritual ini pun ada tekniknya, jadi misalkan hari ini masih selasa, saya akan bilang berkali-kali dalam hati "lusa kamis" dan habis kamis jum'at, trus sabtu, pulkam dooong..muahahahaha

Kenapa bukan "besok rabu"? ya karena lama aja kalii, kan ini acaranya mensugesti diri sendiri.

Hari minggu siang, saat saya mesti balik lagi ke kost, wooooah...gak kalah galaknya.
Semua orang di rumah pernah jadi korban anak piyik yang lagi keluar taring sama tanduknya ini, karena dia masih pengen di rumah lebih lama, gak mau balik ke kost dulu...hihihihi

* Pertama Gajian

Saya terima gaji pertama waktu semester akhir kuliah, hasil dari kerja part time. Rasanya....waow, seneng campur bangga maaaaak! Bahagia pokoknya.

Saya masih ingat persis berapa gaji pertama saya waktu itu, bahkan amplopnya masih saya simpen sampe sekarang. *yang ini serem
But hey! come on, it's my own money, duit pertama saya sendiri, bukan dari hasil minta ke orang tua!
Sesuatu yang sudah saya pengen dari sejak lama.

Beberapa bulan sebelum itu saya sempat keliling buat ngirim beberapa surat lamaran, saking pinginnya bisa kerja part time. Dari kesekian surat yang saya kirim itu, gak pernah ada respon.

Tapi pada suatu hari, tiba-tiba teman sekamar saya ngasi referensi kerjaan. And voilla! Saya diterima kerja di tempat yang gak diduga-duga, ketemu dengan orang-orang yang gak pernah saya kenal sebelumnya, dan saya masih ingat persis betapa cintanya saya dulu sama kerjaan itu.

*Pertama masuk TK

Saya masuk TK umur 4,5 taun dan karena mau masuk TK itu, akhirnya saya mau berhenti netek (ho oh, saya umur 4 taun lebih dan masih netek sama ibuk *tutup muka pake panci) dan beralih ke dot aja.

Berangkat sekolah pertama kali, berarti berpisah dari ibuk, masuk kelas sendirian, bersama orang-orang yang sama sekali asing buat saya. That's terrible, aku benci!

Hari pertama itu di awali dengan baris dulu di halaman, senam, terus bareng-bareng ngucapin salam ke bu guru dilanjutkan dengan janji TK.
Saya udah lupa gimana bunyinya janji TK, tapi saya ingat betul kalimat ucapan salam ke bu guru.

Kenapa?

Karena saya telat ngucapinnya -___-

Jadi ketika anak-anak lain dengan serempak mengucap "selamat pagi bu guru", saya cuma bengong. Setelah mereka selesai, baru sekian detik kemudian saya buka mulut "selamat pagi bu guru". Sendirian. Krik....krik...krik

Kalau ini terjadi sekarang, saya gak akan mau masuk sekolah seminggu ke depan. Malu kakaaak.

* Pertama kali gak rangking satu

Wih...belagu banget ya judulnya. Semacam selalu pinter dan dapat rangking saja...*toyor pake pentungan

Enggaaaak, ini kejadiannya kelas dua SD cawu dua. Jadi saya rangking satu nya cuma kelas satu sampe kelas dua cawu satu doang...muahahahaha, selebihnya enggak.

Pagi itu, semua siswa termasuk saya sudah duduk anteng nunggu wali kelas buka mulut. Yep, hari bagi rapot. Saya yang empat cawu berturut-turut dapet rangking satu ini udah ngarep dooong, plus ge er!

Begitu beliau buka mulut, mau nyebutin nama yang dapet rangking satu, mata saya udah berbinar-binar, senyum-senyum dikit, karena 99% yakin nama saya yang bakal disebut.

Tapi ternyata, nama anak lain yang keluar dari mulut beliau....doenggg!

Shock? iya lah. Kecewa? tentu saja. Pengen nangis? pasti. Tapi saya tahan-tahan aja, untung gak ada yang nyolek, karena kalo ada...saya pasti udah nangis meraung-raung...hakhakhak

Sejak itu saya belajar apa itu gagal, kecewa dan menerima kenyataan. Life is not always rainbows and butterflies, ada saatnya kita tersandung, tersungkur jatuh, bahkan berdarah-darah. Terima saja, jalani, dan bangun lagi. *ehem, sudah mirip pak mario kah??

* Pertama kenal internet

Saya dulu selalu heran gimana caranya salah satu teman saya di kelas 3 SMA kok bisa dapat artikel macem-macem dari internet. Saya yang gaptek belum bisa membayangkan internet itu benda kayak apa.

Sampe kemudian saya ospek kampus dan dapet tugas nyari artikel bla bla bla di internet. Panik dong, secara ngetik di komputer aja masih pake dua jari. *sampe sekarang juga masih
Ujung-ujungnya, geret teman ke warnet dan minta diajari..hihihihi

Pelajaran yang saya dapat dari teman saya itu adalah, buka internet dengan meng-klik ikon IE dua kali, trus ketik "yahoo", baru ketik apa aja yang mau kita cari di search bar nya yahoo. Semua saya buka dengan meng-klik dua kali, meskpun sebenarnya sekali aja juga udah cukup...cupu banget.

Seperti itulah hubungan suram saya dengan internet selama beberapa tahun, sampai akhirnya saya dapat pencerahan waktu kerja part time. Saat itulah saya sadar betapa konyol dan gapteknya saya....hakhakhak, geli kalo inget.

Itulah beberapa first time yang bisa diingat dan layak tulis, hihihihihi. First time yang selalu dibumbui dengan kagok, konyol, drama, dan hal-hal memalukan.

Anyway, hepi ultah anak piyik. You made it so far.
And there will be many other first times wait for you. So, hold on, rise, and shine!










Comments

Popular posts from this blog

G-Dragon - Crooked

Jalan-Jalan : Museum Angkut

Air Terjun Sumber Pitu : The Trip

Masih di Malang?