Sarannya Ustad

Ini sebenarnya postingan tanggal 23 November 2012 di blog saya yang ini              


Semuanya berawal dari kegemaran saya nonton taushiyahnya Ustad Yusuf Mansur di tipi dan baca beberapa bukunya juga. Tentang bagaimana kita memperbaiki hubungan dengan Allah, dengan sesama, memperbaiki hidup, dan bahkan memperbaiki sudut pandang kita tentang hidup itu sendiri. Mengajarkan saya untuk lebih optimis dan lebih tenang, karna kita punya Allah.

Wuih...sampai di sini bahasa saya masih kelihatan intelek  ya :D

Tapi,....

yang namanya saya masih ababil ini, suka naik turun kadar istiqomahnya...hekhekhekhek
kalo pas naik sih...adem beneeer...semuanya keliatan kaya pohon ijo nan rindang yang biasanya dipake orang-orang ngadem di alon alon itu tuh...cuih,.ketahuan level jalan-jalannya alon-alon ternyata....hehehehehe. Tapi bener, kerasa banget efeknya...everything seems so easy, karena memang bagi Allah everything so easy as it seems. Lah, yang repot...kalo pas kadarnya turun, ada saat-saat di mana shalat 7 waktunya balik lagi jadi 6 waktu atau malah 5 waktu, habis maghrib bukannya baca Qur'an malah nonton tipi, habis subuh juga gitu kalah sama ngantuknya trus narik slimut dan cusss...lanjut bobok deh, di waktu senggang gitu baca sholawat sih tapi pikirannya masih aja kemana-mana (say hi to youtube...hakhakhakhak), sholat juga gitu, kadang sampe lupa udah rokaat ke berapa saking kepalanya panuh sama hal-hal lain...jadi...hey, Istiqomah? how are you? :D
             
                  Kaya akhir-akhir ini, ada beberapa masalah yang bikin saya agak kalut dan kalo bahasa anak-anak abege, Jenuh Tingkat Dewa (dewa apaan nih? dewa 19 apa sandra dewa? eh,. itu dewi ya :D). Jujur saat-saat seperti itu saya ingin merasa lebih dekat dengan Allah, tapi...entah, seperti ngambang aja gitu,gak nyampe-nyampe...biasanya kalo curhat sama Allah saya bisa nangis, lha ini...air mata gak bisa keluar dan memang kayanya siklus istiqomah saya lagi agak turun itu. Bingung dong saya...galau gitu, biar lebih gaul dikit...hehehehehe. Sampe-sampe saya takut, kalo keandaannya terus-terusan kaya gini...what about my psychological condition? sudah berbakat edan kah saya? T_T

                  Dalam do'a saya saya sampe bilang sama Allah, "Ya Allah, tunjukkan di mana seharusnya saya berada...dan tunjukkan apa yang seharusnya saya lakukan" saking saya bingung mau ngapain :D dan selalu, Allah tidak pernah sekalipun mengabaikan hambanya, meskipun hambanya yang tengil ini masih aja sering lalai dan curang sama Dia. Jadi ceritanya dua hari lalu sepulang kantor temen kost saya bilang kalo tanggal 22 November (kemaren) Ustad Yusuf Mansur ada taushiyah di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang, langsung saya iyakan saja untuk ikut dan berharap ini jawaban Allah untuk do'a saya.

                  Acaranya dimulai jam 7 malem. Saya sama temen saya nyampe TKP jam 7 kurang 15 menitan kayanya dan ih, WoW,.....graha cakrawala udah penuh orang aja, gak kalah sama konser musik. Kita salut juga sama mereka yang datang, ternyata anak-anak muda dan ada banyak juga anak-anak tua termasuk saya sekarang minat ikut pengajiannya masih tinggi banget loh! Siapa bilang remaja muslim sekarang lebih banyak hura-hura? siapa bilang remaja muslim sekarang gak pernah ngaji? hayo siapa? kanyanya perlu datang ke TKP deh pas acara. Sampe-sampe temen saya mau masuk parkiran aja butuh waktu kira-kira 5 sampe 10 menit, but it's okay lah, budayakan antri! :D Gak mau antri? Gak gaul!!

                 Setelah antri ambil tiket (tiketnya ini gratees), saya masuk Graha Cakrawala yang hampir sebagian besar seatnya udah terisi sampe ke tribun-tribun kecuali VIP seat yang hampir kosong melompong karna cuma isi beberapa biji. Ada kejadian lucu di sini, ada salah satu panitia yang ngasi pengumuman yang kurang lebih bunyinya gini:

 "kepada seluruh hadirin, mohon kursi di depan yang masih kosong diisi dulu"

For Your Information, kursi yang letaknya di depan dan masih kelihatan belum terisi ya kursi VIP tadi. Setelah pengumuman itu suasananya:

siiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiing .................(ini gambaran dari suasana Hening sejanak...)

trus

"grubuk-grubuk-grubuk (suara kaki orang lari ngisi kursi VIP :)), termasuk saya sama temen saya)

dan panitia cuma bisa melongo trus nepok jidat...dalam hati bilang "waduh, salah ngomong ini"

hakhakhakhakhakhak

Dan kita berhasil tetep ngendon di kursi VIP baris ke 6 dari depan (lumayan dekeeeeet), berkat ilmu "ngeyel" dari temen saya. Padahal waktu itu saya udah panik kalau-kalau kita bakalan duduk di tribun. Dia bilang "udah di sini aja, seat undangan itu gak mungkin terisi penuh. Lagian salah sendiri undangannya dateng telat." hehehehehehe
Saya pikir bener juga sih ya, lagian panitia juga ngomongnya salah...udah tau kursi depan non VIP udah penuh, masih ngomong gitu...jadi jangan bilang kita salah intepretasi ya :D #ngeles

           Gak lama kemudian, tanpa pengumuman, tanpa intro, Ustad Yusuf mansur ujug-ujug nongol aja dari balik panggung dan yah....memang begitulah beliau, gak perlu sambutan atau intro-intro apalah itu :). Setelah beberapa menit nyapa hadirin, beliau langsung minta kita (para hadirin) buat ngeluarin hape. Hakhakhakhak, kontan kita yang bawaannya udah suudzon ini mikirnya pasti "wah belom-belom udah ditarget nih",..secara beliau biasanya suka narget orang buat sedekah :D. Beliau yang udah paham betul isi pikiran kita, langsung ngomong "enggak...gak usah kuatir" hahahahahaha. Ternyata sambil beliau baca sholawat dan do'a, kita disuruh mengetik keadaan kita hari itu dan ini tulisan saya :

"Sy Evi,.belum dan ingin sekali menikah, masih punya tanggungan cicilan motor 7 kali lagi, dan bulan ini cicilannya belum terbayar padahal deadlinenya tanggal 21 kemarin,.sy ingin resign kerja tapi sampai saat ini belum disetujui dan saya merasa sudah banyak sekali membuang waktu di kantor karna hampir tidak ada pekerjaan yang bisa saya kerjakan,.makanya sy ingin keluar dan dapat pekerjaan baru yang rizkinya halal, barokah, dan diridhoi Allah, pekerjaan yang banyak membawa manfaat untuk banyak orang"

memang seperti itulah kondisi saya hari itu

Beliau bilang, Allah mampu merubah keadaan kita lebih cepat daripada kita membalikkan telapak tangan, dan itu memang benar. Asalkan kita mau berusaha menuju perubahan itu dengan cara:

1. Memelihara sholat 7 waktu
2. Memelihara Al-Qur'an dengan cara :
    * One Day One Ayat, maksudnya menghafal ayat Al-Qur'an satu hari satu ayat
    * Menghafalkan juga terjemahan dari ayat yang kita hafalkan tadi
    * Membaca Al-Qur'an satu hari selembar
    * Membaca terjemahan satu lembar Al-Qur'an yang kita baca tadi
   Untuk menghafalnya disarankan sebelum sholat Subuh dan membaca selembarnya setelah sholat Subuh.
   Biar hafalannya lancar, bisa dengan cara membaca surat yang kita hafalkan tadi waktu sholat.
 3. Sedekahnya dimaksimalkan

Sisanya tetap bekerja seperti biasanya, dan selebihnya Allah yang mengatur. Saya percaya itu :)...eit,...jangan lupa Istiqomah! :D
Saya sempat menangis sesenggukan ketika beliau membaca surat Ali Imran ayat 97 dan menyuruh kita berdo'a. Jadi surat Ali Imran ayat 97 itu isinya tentang Baitullah dan beliau menyuruh kita berdo'a biar kita bisa ke Baitullah. Ya...saya rindu sekali ke sana lagi,..saya rindu menangis dan bersujud di depan Ka'bah lagi, sholat di Masjidil haram dan di Masjid Nabawi lagi...saya benar-benar rindu...dan saya memohon semoga Allah memanggil saya dan membawa saya ke sana lagi bersama kedua orang tua dan adik saya...amiiin.

                  Ini dia foto dari taushiyah tadi malam. Inipun fotonya dari temen saya yang duduk di tribun.  Soalnya meskipun saya duduk di row VIP, hape saya belum ada kameranya...jadi gak bisa moto dong ya...hakhakhakhak

 credit : Mbak Linda

Potonya kecil banget? iya, emang ambilnya dari tribun atas jadinya ya kaya gitu dan ini pun dipilih yang paling bagus kualitasnya diantara banyak poto yang diambil. Eniwey, makasi buat potograper kita, Mbak Linda :D.

                  Di acara tadi malem sempat ada perjodohan instan juga loh, yang di bantu oleh Ustad sendiri dan berhasil bikin seisi gedung riuh gegap gempita nepokin si mbak dan si mas yang dijodohin. Semoga mereka berjodoh, amiiin. Kalo beneran berjodoh dan menikah, Ustad menjanjikan hanimun umroh loh, once again UMROH!! dan kalau ada waktu Ustad sendiri yang akan menyempatkan jadi saksinya...Subhanallah....

                  Di akhir acara pesennya Ustad, mulai hari ini catat keadaan per hari kita sambil terus mengamalkan cara-cara yang di atas tadi. Harus dicatat biar tahu perubahannya, biar kelihatan efeknya gitu. And i'm start to do that today :). Acara ditutup jam 10 malem dan rasanya worth it. Maksudnya gak rugi banget ikut acara itu, dan yang gak ikut...rugi banget deeeh...hakhakhakhak. Isi taushiyahnya mantep banget, bukan saya aja loh yang bilang :D. Pesertanya juga penuh sampe tribun-tribun atas....luar biasa!!
Semoga mulai sekarang saya bisa istiqomah melaksanakan semuanya, biar Allah tambah sayang sama saya...amiiiin :)



Comments

Popular posts from this blog

G-Dragon - Crooked

Jalan-Jalan : Museum Angkut

Air Terjun Sumber Pitu : The Trip

Masih di Malang?