Pantai Lumbung & Pantai Nglinci : The Trip

Satu kata : Awesome!
credit image : Mbak Linda
Balik lagi ke Pantai Lumbung?

Yo'i...yang dulu belum puas soalnya, cuma liat sunset doang trus balik. Nah, ini mumpung hari minggu ada yang ngajakin petakilan di pantai, marilah kita iya-kan saja.

Rencana awalnya sih dari pantai Lumbung, trus lanjut jalan ke Kedung Tumpang. Konon katanya (kata siapaaaa? Mbah dukun??) kalau ke Kedung Tumpang lewat jalurnya Pantai Lumbung, gak perlu turun lewat medan ekstrim yang mesti pake tali itu, tapi ya harus jalan sekitar 30 menitan lewat hutan pinggir pantai.

Gak apa apa dong, daripada balik lagi ke gerbang masuk Kedung Tumpang, mending lewat satu jalur tapi dua pantai terlampaui kan?

Berbekal jagung rebus satu kresek, berangkatlah tim ceplukan menuju Pantai Lumbung...


yang depan masih semangat ceritanya, sambil nenteng kresek isi jagung rebus :))
credit image : Mbak Linda

Trip ini udah direncanain tipis-tipis sih, milih tanggal yang pas lautnya surut, soalnya kalo pas pasang ombaknya bikin takut bok. Kita berangkat jam 10 pagi, maksudnya biar bisa agak lama main-main di pantainya, apalagi tujuannya kan ada dua.

Pas sampai di pantai Lumbung, bubar jalan itu rencana. Ombaknya ngeri...sampai menyapu garis terluar pantai.
Mau turun ogah, tapi kalo nunggu di atas kok ya panas...akhirnya tim pemalas ini nongkrong aja di gubuk kecil di tebing pantai.

mari main "spot Tuan Muda" di poto
credit image : Mbak Linda

Sejam...masih oke ngobrol ngalor ngidul di gubuk.
Entah udah berapa orang yang lewat naik dan turun ke pantai, dan kita masih aja kerasan ngendon di gubuk.

Hampir dua jam...udah mulai kehabisan acara, ditambah lagi gubuknya makin panas karena mataharinya mulai geser ke barat. Yasudah, mari kita turun saja...lagian ombaknya udah gak terlalu serem.

Panas ya panas aja, gosong ya gosong aja ...huhuhu

credit image : Mbak Linda

credit image : Mbak Linda

credit image : Mbak Linda

Ternyata menyusuri pantai jam satu siang itu PANAS pake BANGET sodara-sodara! Tapi udah kadung turun, ya harus dikelarin sekalian jalan dari ujung ke ujung dong.

Waktu ke sini dulu, saya cuman ngulik sisi barat aja, nah ini saya puas-puasin ke pantai sisi timur yang ternyata lumayan panjang dan luas.
Tuan muda yang badannya gembul, langsung bermandikan keringat...hakhakhak, kebingungan nyari tempat adem dan benda yang bisa dipake buat kipas, kesiaaaan.

terlalu sayang untuk tidak dipamerkan
credit image : Mbak Linda

udah ala "natgeo" belom?
credit image : Mbak Linda

Seperti pantai-pantai yang lain, pantai Lumbung pun unik dengan caranya sendiri. Hamparan pantai yang panjang dan luas (kalau gak pas pasang) dan sejauh mata memandang kita disuguhi pemandangan laut lepas yang tak berujung. Bikin takjub, sekaligus merinding ngeri.

Saya cuma titik kecil jika dibandingkan laut Maha luas ini.

Kita masih berharap ombaknya akan surut sedikit demi sedikit, dan kita bisa ke kedung Tumpang lewat pantai aja. Tapi ternyata...ombaknya lagi edisi PHP, balik gede lagi, yasudahlah...mari lewat atas saja.

Nyampe di atas, kita mampir dulu ke ibuk-ibuk yang jualan minum. Tim ceplukan diserang dehidrasi akut, terutama Tuan Muda yang dikit lagi bisa kempes kehabisan cairan.
Setelah menghabiskan es teh, pisang goreng, dan Tuan Muda masih nambah pop mie (yang ini mah doyan), mari kita lanjutkan perjalanan menuju Kedung Tumpang.

Masih dengan semangat tiada tara, kita menyusuri jalan setapak di hutan pinggir pantai. Jalannya lumayan enak sih, meski ada beberapa yang curam, licin karena aliran air, dan banyak nyamuk.

credit image : Mbak Linda

Selang sepuluh menit perjalanan kita ketemu batu gede dan jalannya bercabang jadi dua, jalan setapak lurus dan setapak belok kiri yang agak curam dan dilewati aliran sungai kecil.

Linda yang penasaran langsung nyoba turun dong, dan teriak-teriak bilang ternyata di bawah emang ada pantainya.

Saya yang penasaran, tapi pake sandal jepit, fobia ketinggian, dan ogah kepleset awalnya milih nunggu di atas saja.
Tuan Muda tentunya jadi korban kerparnoan embaknya ini. Lha badannya segede itu, jarang olahraga, jarang lewat medan beginian, kalo kepleset gimana? kan? kan? *mencari pembelaan

Sepuluh menit di tunggu, kok gak ada tanda-tanda Linda naik. Sementara yang keliatan dari tempat saya berdiri adalah ombak ganas yang bolak balik menghantam karang.
Pikiran mulai gak enak dong, apalagi dia tadi turun sendirian. Diteriakin gak ada jawaban pula. Anak orang itu, jauh-jauh datang minta diajak jalan-jalan, trus kalo.....*mulai over parnonya

Akhirnya Tuan Muda turun ke bawah, dan embaknya ini ngintil di belakang. Eh, Sungainya gak licin ternyata. Tau gitu, tadi turun aja kaaan? *yaaa gara gara siapa cobaaaak?

credit image : Mbak Linda

Tuan Muda yang dengan sabar nungguin embaknya yang merambat turun kayak keong
credit image : Mbak Linda

Setelah susah payah sampai di bawah, waoooow.....kita bengong disuguhi pemandangan eksotis.
Ternyata ada pantai luaaas, bersiiiih, dan gak ada orang sama sekali kecuali kita bertiga. Pantai Nglinci.
Mirip anak kecil ketemu taman bermain, Linda masih dengan asiknya jepret sana sini.

Pantai Nglinci ini sebenarnya terletak persis di sebelah barat pantai Lumbung, cuma dibatasi batu-batu karang. Tapi untuk lewat langsung dari Pantai Lumbung, harus nunggu surut dulu, kalo gak ya dadah babay disapu ombak deh.

Alternatif jalur lain ya lewat aliran sungai tadi, yang ternyata kalau debit airnya besar jadi air terjun. Karena jalurnya yang agak susah, jarang sekali yang ke pantai Nglinci ini kecuali yang emang bener bener niat mau ke sini. Kalo kita gak niat sih, tapi gak sengaja nyampe sini, anggap aja rejeki.

Saya gak perlu jelaskan lebih lanjut lagi pantainya kayak apa, silakan liat foto-foto emejing di bawah ini saja.

credit image : Mbak Linda

credit image : Mbak Linda

credit image : Mbak Linda

credit image : Mbak Linda

credit image : Mbak Linda

Sayang sekali kita ke situ kok ya pas udah setengah empat sore. Agak nyesel sih, kalau tau pantai ini bisa dijangkau, pasti kita udah ke situ dari tadi. *mengingat-ingat nanar dua jam dihabiskan ngendon di gubuk

Saya cuma lima belas menitan di Pantai Nglinci ini. Jalan dari ujung ke ujung, foto-foto dikit, menikmati sebentar, trus naik lagi karena tujuan utamanya tadi kan Kedung Tumpang yang katanya ditutup jam 5 sore.

Tapi tak diragukan lagi, Pantai Nglinci emang emejing sekali. Eksotis, bersih, sepi, dan masih alami. Nice experience, terutama turun naik aliran sungainya -__-.

Yeuk mari kita lanjutkan perjalanan menuju Kedung Tumpang. Tuan muda udah mulai kempes lagi, hakhakhak.

cowok badannya segerdu, kaosnya item, tapi bawanya...kipas...zzz
credit image : Mbak Linda


credit image : Mbak Linda

Kira kira jalan lima menit, kita ketemu rombongan lain dari atas. Saya kira itu orang-orang mau balik dari Kedung Tumpang. Eh, pas saya tanya masih jauh apa gak, jawabannya "kita tersesat mbak" dengan ekspresi termelas. Hadeh.

Kita sih curiganya ada jalan yang kelewatan sama mereka pas di atas tadi. Tapi kita juga gak berani berspekulasi dong, mengingat udah jam setengah lima sore. Kalopun nyampe ke Kedung Tumpang, kita nyampe sana pas udah mau ditutup, itu kalo nyampe...kalo enggak? Mau tersesat dan bobok-bobok dihutan saja? *serem

Ya sudahlah, terpaksa kita balik saja. Kedung Tumpangnya harus dipending lagi. *Tuan Muda bersorak riang

But that was amazing tho, bisa nyampe di Pantai Nglinci yang bahkan gak direncanakan sebelumnya. Kapan-kapan pasti kita balik ke situ lagi, lari-lari dan main ombak sepuasnya.

See ya!

salam anget-anget kuku dari Tim Ceplukan
credit image : Mbak Linda

Comments

Popular posts from this blog

G-Dragon - Crooked

Jalan-Jalan : Museum Angkut

Air Terjun Sumber Pitu : The Trip

Masih di Malang?