Bad Service

credit image : http://www.everydayanalysis.com/

Sedang antri di depan counter kasir untuk bayar barang belanjaan, tiba-tiba ada adegan yang mengusik perhatian.

Di counter sebelah saya, ada ibu-ibu bawa anak kecil yang barang belanjaannya lagi dihitung sama mbak kasir. Setelah belanjaan selesai di-scan, mbak kasir menyebutkan total harga yang harus dibayar si ibu.
Si ibu bilang kurang lebih gini "sebentar, saya cari Mat*hari Card saya dulu"

Sementara si ibu ngubek-ngubek tasnya, mbak kasir tiba-tiba menguap. Iye, Me-ngu-ap! Bukan sembunyi-sembunyi...tapi tepat di depan customer meskipun nguapnya ditutup tangan, dan lumayan keras sampe saya yang di counter sebelah aja ikut noleh.


Si ibu bilang, "wah, sampe mbaknya ngantuk...sebentar ya mbak, masih nyari Mat*hari Card"

Mungkin saja si mbak kasir lagi ngantuk berat, mungkin tadi malem begadang sampe dini hari...mungkin.

Tapi, belom selesai sampe situ ternyata.

Si mbak kasir tiba-tiba menggerakkan lidahnya seperti lagi nyari sisa-sisa makanan di sela-sela gigi. Meskipun saya liatin, si mbaknya seperti gak peduli.

Mungkin saja si mbak baru aja makan siang, dan lupa belom kumur atau sikat gigi. Sekali lagi, mungkin. Tapi, buat saya gesture itu ada satu arti yang lain. Gesture orang yang lagi sebel dan meremehkan. Pernah tau kan?

Entah itu arti yang pertama ataupun arti yang ke dua, hal itu tetap gak pantes dilakukan di depan customer.

Gak sopan.

Mungkin dulu ada yang pernah liat ada peraturan dari Mat*hari departemen store untuk negur si mbak kasir kalo mereka gak senyum sama customer. Sampe segitunya loh.
Lha ini...boro-boro senyum...

Saya tau, karyawan juga manusia yang bisa capek, sebel, ataupun jatuh sakit dan harus tetap melayani customer. Saya pun karyawan dan jual servis.
Buat saya, kelakuan si mbak kasir yang menguap itu aja sudah gak sopan. Kalau dia ngantuk, ya tutup dulu conternya sebentar trus usaha kek gimana caranya biar kantuknya ilang. Itu kalo dia bener-bener ngantuk loh ya.

Apalagi kelakuan yang ke dua...seolah-olah dia aja yang punya mall.

Comments

Popular posts from this blog

G-Dragon - Crooked

Jalan-Jalan : Museum Angkut

Air Terjun Sumber Pitu : The Trip

Masih di Malang?