Serba Serbi Maskapai

Long time no see...long time no see... *kacak pinggang ala intronya Doom Dada


credit image : T.O.P gifs collection

Hihihihi...kumat lagi males nulisnya, lebih suka koprol dari blog satu ke blog lainnya daripada nulisin blog sendiri. I do it almost everyday! Iyes, gak bisa kalo sehari saja tanpa baca sesuatu...tapi kalo nulis..Oh! Nanti duluuu..
Karna kebanyakan 'ntar dulu..ntar dulu' itu ...ya ujung-ujungnya gak jadi nulis. Jarang jalan-jalan lagi sih, jadinya kan gak ada bahan tulisan. *another lame reason
Gini kok mau disebut "penulis-wanna be"? wanna sih iya, nulisnya enggak...hakhakhak

Barusan dapet brosur dari maskapai Citil*nk, promo pembelian tiket grup katanya. Namanya juga kerja di travel, ya pasti familiar sama yang beginian.
Ngomongin maskapai, saya jadi inget beberapa pengalaman kurang enak selama saya bekerja di travel yang berhubungan sama maskapai.


* Gunung Kelud meletus, bandara tutup semua.

Ini yang paling fresh ya, wong kejadiannya juga baru 3 minggu lalu. Everything was planned, and it run according to it.
Tanggal 16 kita (travel tempat saya bekerja) ada jadwal pemberangkatan umroh 2 orang saja dari Malang sini. Semua sudah siap mulai dari tiket pesawat ke Jakarta, hotel biar mereka bisa leyeh-leyeh dulu sebelum berangkat, semua pihak sudah dihubungi dan keberangkatan sudah dikoordinir sedemikian rupa.

Sampai pada tanggal 14 pagi, saya bangun udah pada heboh Gunung Kelud meletus.
Bandara Juanda ditutup karena abu vulkanik yang bahaya buat penerbangan, tiket kereta habis dapet hibahan dari penumpang pesawat yang batal terbang, dan saya gak berani berspekulasi dengan jadwal bis malam yang kalau nyampe Jakarta meleset sedikit saja, hanguslah tiket ke Jeddah alias umrohnya gak jadi.

Dari situlah bayangan horror nganter 2 orang ini dari Malang - Jakarta pake mobil mulai keliatan.

Okay, positif tingting saja dulu.

credit image: www.suarasurabaya.net

Ke Jakartanya kan masih tanggal 15, siapa tau Juanda udah dibuka lagi toh?
Tanggal 14 malem saya liat-liat berita, ada kemungkinan Juanda dibuka lagi tanggal 15 jam 6.00 pagi, jadi berharap dong saya.
Keesokan paginya, sebelum subuh saya udah otewe ke kantor lengkap dengan peralatan mandi..hihihihihi.
Bismillah,.. jam 5 pagi 2 orang jama'ah ini diberangkatkan ke Juanda, sementara saya yang pagi itu paling rajin sepanjang sejarah, telpon sana sini, dengerin streaming radio, sampe ke twitter perkembangan pembukaan Juanda pun saya jabanin.

Evi boleh ngarep, tapi Juanda bisa dong PHP...dan bener aje,.rencana pembukaan bandara yang tadinya jam 06.00 molor ke jam 08.00 dan ujung-ujungnya meskipun bandara dibuka hari itu, gak ada maskapai yang berani terbang!
Yaaa...ada benernya juga sih, mereka kan yang paham kondisi, kalo dipaksain trus *amitamit* kecelakaan gimana cobak?

Emang kudu dianter pake mobil kali ya *tapi ya kasian jama'ah dan sopirnya...sehari semalam perjalanan bok!

Rencananya sih kalo bisa terbang dari Semarang, ya nganternya sampe Semarang aja...tapi gak dapet tiket kakaaak :D. 

* Pesawat domestik delay, ketinggalan pesawat internasianal

Huhuhuhu...kejadian ini saya sendiri yang ngalamin T_T.
Alhamdulillah dua taun lalu saya diberi kesempatan untuk melaksanakan ibadah umroh. Saya ingat hari keberangkatan saya waktu itu bertepatan dengan hari libur.
Biasanya sih untuk perjalanan domestik jama'ah dari Surabaya ke Jakarta saya pakai L*on Air dengan pertimbangan jadwalnya hampir tiap jam ada dan murah tentunya.
Tapi untuk keberangkatan saya dan 9 orang lainnya hari itu saya ngeyel pake Citil*nk, pertimbangannya maskapai yang satu ini terkenal on time, sementara maskapai langganan jam nya terlalu mepet dan akhir-akhir itu lagi terkenal lelet *sekarang juga masih yeee :D

Ehtapiiiiii...tak disangka sangka ternyata Citil*nk hari itu delay! Pesawatnya ada yang rusak,..cakeeep

Awalnya pengumuman delay 2 jam, pas udah masuk ruang tunggu...eh ditambah lagi 2 jam! Which is, itu penerbangan jam 10 diperkirakan terbang jam 2 siang. Sementara tiket Emirates ke Saudinya jam 5 sore maaaaaak T_T...Panik dong akik.

Iya kalo beneran jam 2, kalo molor lagi???

Dan ternyata molor beneran sodara-sodara...

Dimulailah perang mulut antara saya sama petugas Citil*nk, dan dari situ saya tau kalo ternyata waktu itu Citil*nk yang beroperasi dari dan ke bandara Juanda itu pesawatnya cuma 2...atau 3 gitu, jadi kalau salah satu rusak...ya kacau lah penerbangan ke berbagai destinasi dari dan ke Juanda.

Mampus

Dari waiting room di lantai 2 saya dilempar ke counter lantai 1 dan kondisi di sana lebih chaos lagi bok! Diperparah dengan petugas baik lantai 1 maupun 2 yang saya nilai gak bisa meredam komplain. Mereka cenderung mengeluarkan jawaban yang bikin taring saya keluar semacam "gak tau" atau malah mengeluh karepe dewek *elus dada

Nyoba cari tiket pesawat lain...udah habis semua, HARI LIBUR.

Setelah perdebatan panjang penuh esmosi (padahal mau umroh iniiii), akhirnya jam 3 sore saya "dicarikan" petugasnya tiket pesawat lain, dan dapet L*on Air aja tong! Kualat kalik ya -____-
Telpon hampir gak berhenti berdering.
Petugas yang di Jakarta pastinya panik juga dong, kalo dipikir sih kayanya gak bakalan berhasil ngejar Emiratesnya.
Tapi mesti tetep usaha lah..once again, positip tingting!

Dapet tiket, tak pake nunggu, langsung boarding, dan cus...pesawat berangkat.
Nyampe Soetta jam 5 lebih, dan langsung lari lari pindah terminal..kena macet pulak..dan begitu mendekati terminal 2, terlihatlah Emirates yang dengan anggunnya sudah bergerak mau lepas landas....itu pesawat yang mau kita naiki.

Lemes

Bener aja, saya dan rombongan diajak lari-lari masuk terminal 2 dan disambut dengan sapaan ramah petugas kantor pusat yang saya tau persis dia keceeeewaaaa banget, we didn't make it...
Dia yang dari tadi udah dimarah-marahin sama penumpang dan pilotnya Emirates gara-gara memohon-mohon buat nunggu kita...tapi kitanya gak dateng-dateng.

Begitulah kuasa Tuhan, begitu mudahnya Dia meletakkan kita pada situasi yang tak pernah terpikirkan oleh kita. Kalau saya picik...saya akan bertanya, dari sekian banyak orang...why me? why us? and why it have to be that day?
Tapi saya yakin, pasti ada hikmah dibalik sport jantung super melelahkan yang saya alami selama beberapa jam itu, salah satunya membiasakan saya berada di situasi kritis dan berusaha bagaimana mengatasinya. Setidaknya itu yang terpikir oleh saya malam itu *selain juga dongkol setengah mati sama Citil*nk, muahahahaha

Akhirnya kita bersepuluh terbang dengan Emirates flight ke-2 jam 12 malem. Super capek pastinya, tapi saya tau petugas kita juga lebih capek lagi.
Ada untungnya juga kita terbangnya nyusul waktu itu, karena kita gak perlu ikutan terombang ambing hampir 4 jam di imigrasi bandara Dubai waktu transit karena ternyata rombongan pertama bingung mesti ke counter mana.
Ada satu orang jama'ah dari rombongan pertama yang nungguin kita sampe pagi, beliau yang menunjukkan ke kita mesti ke counter mana aja, dan langsung cus ke hotel*maturtengkyu pak Joko ^_^

But still...i say a BIG NO to you Citil*nk!

Dua poin di atas adalah yang paling mengena di hati.

Beberapa yang lain kaya bagasi nyasar, trus delay berkepanjangan, sampe pesawatnya goyang-goyang horor gara-gara cuaca buruk pun pernah. Waktu itu saya perjalanan ke Jakarta bersama beberapa orang kantor, diinformasikan Jakarta lagi ujan deres jadi pesawatnya agak lama muter-muter di atas. Eh, tiba-tiba ini pesawat "jluk" turun...dan kerasa banget loh guncangannya, sampe ada beberapa masker oksigen nongol keluar dan diperparah dengan bayi di depan yang nangis kenceng banget.
Satu-satunya yang kepikiran cuma...Am i going to die? Is this the feeling that we are going to die?
HOROR!

Meskipun begitu, saya tetep enjoy naik pesawat kok. Paling suka view malam hari dilihat dari pesawat, amazingly beautiful! Lampu-lampu di darat yang keliatan kaya lilin itu. Trus juga waktu pesawat mau take-off...sensasinya bok!Love it!
Kejadian-kejadian nyebelin di atas, dijadikan pengalaman dan bahan pertimbangan aja. Toh tetep ada hikmah di balik setiap kejadian bukan?











Comments

Popular posts from this blog

G-Dragon - Crooked

Jalan-Jalan : Museum Angkut

Air Terjun Sumber Pitu : The Trip

Masih di Malang?