Job Job Job!

Iya yah...kok gak kepikiran nulis tentang ini. Kayanya kebanyakan kerjaan yang dipikir (dipikir aja, tapi gak dikerjain) bikin otak saya agak korsel..eh korslet!
Padahal kan i spend almost my time every day in this matter ya...selain bobok sih tentunya..hakhakhakhak.

Saya mulai bekerja bulan Agustus 2008, berarti kalo diitung-itung ini sudah masuk ke taun ke-6..woooah, long enough huh? *sambil komatkamit do'a cepet nikah biar bisa pensiun dan jadi ibu RT aja :)).
Sampai sekarang saya cuma sekali pindah kerjaan, jadi cuma ada pekerjaan pertama dan pekerjaan yang saya jalani sekarang.
Saya dapet pekerjaan pertama sewaktu semester akhir kuliah. Side job lah istilahnya, saking saya dulu pengen menghasilkan duit sendiri.
Diterima kerja di warnet, sesuatu amat sangat asing buat saya waktu itu. Yo'i, saya dulu gaptek-pake-bangeeet...hakhakhakhak
Boro-boro ngerti Mozilla, dulu saya taunya IE saja,..,AyoDance ,Dota ,Point Blank ? panganan opo kuwi...cukup sekian dan terimakasih! hakhakhakhak

credit image  http://ayodance.megaxus.com/




Tapi itu dulu, waktu saya baru sehari kerja di warnet.

Dari situ saya belajar..banyaaaak banget dan kejadian memalukan lucu juga gak kalah banyaknya.
Namanya juga baru, dan gak tau apa-apa...jadi bengong-bengong pas ditanya customer itu sering banget, kalo ada trobel langsung panik dan bukannya nelpon teknisi malah nelpon ownernya yang-juga-sama-gak-taunya-kaya saya, kena tipu dan ngeluarin duit gak penting...hadeh, malu deh kalo diinget-inget ya.
Tapi, dari sanalah saya belajar melayani orang, belajar bahwa bekerja itu ya pasti susah dan capek, belajar terima komplain, belajar ngitung duit, dan belajar ngisi ulang stapler, #eh??? -____- iya.secupu.itu.


Di sana juga saya mengenal betapa menariknya dunia virtual game online, yang bisa bikin orang keblinger dan gak pulang dari warnet sebulan lebih!
Pernah dapet user kaya gitu...yang kerjaannya cuma maka-tidur-ngegame, gak beranjak dari PC room kecuali mau ke kamar mandi, dan dia berakhir dengan kena usir...miris.
Dulu saya paling suka ngendance cantik bak di pilem StepUp di IdolStreet dan AyoDance, berpetualang di Perfect World, leveling di Seal Online , ngincip-ngincip juga Crazy Kart, Dota, sama Point Blank karena sebagai operator saya mesti punya ID setiap game online yang dimainkan di situ.

Pernah ngadain event juga ^_^
credit image : http://eppymustika.blogspot.com/
Awal 2010 saya pindah kerja di biro perjalanan umroh & haji..wooooah, kebayang kan drastisnya? kebayang juga shock culture-nya.
Iya lah....yang tadinya ngadepin billing, patch game, dan gamers yang rata-rata Abege...ujugujug mesti jelasin prosesi ambil miqat, thawaf, sa'i dan ngadepin om-om, tante-tante, sama mbah-mbah calon jama'ah umroh.
Jorji ya pasti, gelagepan juga iya!
Saya yang kebiasaan ngakak-ngakak sama user mesti berubah haluan jadi front office yang ngomongnya harus manis di depan customer...alamaak...sering belibet kesleo omongan awalnya.

Namanya kerja ya pasti ada enak dan enggaknya, yang ini pun begitu. Seneng banget dapet pengetahuan baru, pengalaman ngadepin orang, mengunjungi beberapa kota yang belum pernah saya kunjungi, akrab sama bandara dan beberapa kali naik pesawat, tapi .......kalo pas kena komplain....ampun dijeeee....senep!
Urusannya kan ibadah, melibatkan duit yang gak sedikit, saya dulu masih labil dan langsung keder kalo dimarahin orang. Ditambah lagi perusahaan yang baru berdiri, jadi masih banyak kurangnya di sana sini.
Rekornya adalah ketika saya dipanggil ke polres dan pengadilan untuk jadi saksi penggelapan uang yang dilakukan salah satu marketing dan dibentak-bentak orang karena batal berangkat haji.
Pernah beberapa kali kepikiran keluar sampe sudah mengajukan pengundurkan diri karena sistem manajemen yang menurut saya udah gak bener. Tapi beberapa kali itu juga atasan saya berhasil meyakinkan saya untuk tetep bertahan di sini.
The sweetest thing is, ketika saya dapet kesempatan berangkat umroh. Ya...kalo dipikir-pikir sih...siapalah saya, dan berapa sih duit yang saya punya buat bayarin umroh...but miracle do happen!
Alhamdulillah,..Allah menuntun saya untuk beribadah di tanah suciNya melalui pekerjaan saya ini.

Kalo apa yang dikerjakan sih, gak susah-susah banget ya. Nerima orang, ngasi penjelasan, ngurusin dokumen, bikin laporan keuangan sederhana, sama ngurusin tiket pesawat. Kalo pas pemberangkatan besar ya kadang ikut gak tidur sehari semalam dan ngiringin jama'ah sampai bandara. But that's fun.
Susahnya ya di tingkat stressnya, karna kalo bisa di bilang kerja di travel umroh kaya gini kan berurusan sama ketidak pastian, terutama jadwal dan harga akomodasi. Pinter-pinternya kita aja meminimalisir ketidak pastian itu...karena kalo gak..ya ujung-ujungnya komplain dari jama'ah dong.
Seiring berjalannya waktu (ehcieh bahasanya!) saya juga makin tahan banting kalo sama komplain, lebih tenang lah ngadepinnya meskipun kepala kalo diceplokin telor bisa langsung mateng...hakhakhakhak

Daripada narsis, mending majang poto jama'ah aja yak
credit image : http://eppymustika.blogspot.com/
Dulu saya berfikir kalo sense of belonging saya sama kerjaan yang lama tuh jaaaauuuh lebih kuat dibanding kerjaan yang ini. Gimana enggak, hampir sebagian waktu saya selama sehari ya saya habisin di tempat kerja.
Meskipun dulu jam kerjanya cuma 8 jam, saya biasa ngendon di sana 12 jam lebih. Pokoknya everything i do, do it for you-banget lah.
Mungkin karena pekerjaan pertama ya, jadi cintanya juga berasa cinta pertama #eh?
Tapi akhir-akhir ini saya ngerasa kalo perlahan pikiran di atas itu berubah jadi sebaliknya.

Satu hal lagi yang saya syukuri dari kedua pekerjaan saya tadi adalah yang saya hadapi orang dan kesempatan untuk ketemu orang-orang baru.
Gak kebayang kalau kerjaan saya interaksinya cuma sama barang. Woooah...stress mungkin saya. Saya ini tipe-tipe klerikal, yang kalau dikasi kerjaan monoton sepertinya ya...gak akan berkembang. Untungnya hal-hal monoton ini diselingi sama ketemu banyak orang, dari situlah saya bisa belajar hal-hal baru.

credit image : http://eppymustika.blogspot.com/
Akhir-akhir ini perusahaan saya sekali lagi harus ikut ujian kenaikan kelas. Kalau bisa menyelesaikan berbagai permasalah pelik yang sekarang lagi melilit perusahaan, pastinya lulus dan bisa lebih besar dong.
Tapi, kalo sampe gagal,...ya berakhir lah kita.
Saat ini adalah titik-titik penentuannya, krisis belum berakhir, dan saya gak tau pada akhirnya akan bagaimana.
Apapun akhirnya nanti, mudah-mudahan rencana indah Tuhan akan selalu mengiringi saya dan orang-orang di perusahaan ini. Amin.







Comments

Popular posts from this blog

G-Dragon - Crooked

Jalan-Jalan : Museum Angkut

Air Terjun Sumber Pitu : The Trip

Masih di Malang?