Habibie & Ainun : The Movie

image taken from: http://www.21cineplex.com/

Saya tertarik nonton film ini karna sebelumnya saya udah baca bukunya...and i swear, the book was more than good! Gimana enggak, saya yang biasanya hobi baca komik ini, dibikin sukses menghatamkan 323 halamannya (itu tebel bangeet loh buat saya, maklum pembaca amatir...kekeke) dan berakhir dengan nangis bombay kaya anak tiri di sinetron-sinetron itu.
Ditambah lagi saya diiming-imingi trailernya pas nonton 5cm kemaren, aktingnya Reza Rahadian gilaaaak, mulai dari gesture, ekspresi sampe cara ngomongnya ya Pak Habibie banget...jadilah saya tambah penasaran pengen nonton.


Meskipun premierenya udah dari tanggal 20, saya baru nonton tanggal 23 soalnya temen-temen pada sok sibuk sama tugas akhir semesternya, makluuuuum ya...jadi mahasiswa lagi. Cuma saya yang gak ada sibuk-sibuknya sama sekali, gegoleran nonton tipi, nganggur kaya orang gak berguna kalo di rumah....hakhakhak. Mereka? boro-boro gegoleran, keluar kamar buat makan aja kaya gak sempat banget gitu,..ckckckckck...kalo diamat-amati, lama-lama mereka keluar kamar udah berakar aja, tinggal ditanem :D. Sebenernya tanggal 23 ini di luar rencana juga sih,.soalnya hari itu enggak banget deh buat keluar rumah, apalagi nonton, udah ujannya gak berenti-berenti, tiket nonton lebih mahal kalo hari libur (calon emak-emak pelit -___-), dan cuma nonton berdua aja sama temen saya soalnya hari itu yang laen masih sibuk sama urusan masing-masing.

Ya udah lah ya, saking penasarannya sama tuh pilem kita bikin keputusan instan (mie kaleee instant!) nonton yang jam 8 malem. Nyampe di bioskop kita langsung dapet tiket! Gak ada tuh drama-drama kehabisan tiket kaya minggu kemaren, dari situ perasaan saya udah agak gak enak sih, i try to convince myself..

"mungkin karna ini udah hari ke-4, atau mungkin  karna ini jam paling malem makanya sepi, ato mungkin karna hujan makanya orang2 males nonton..mungkin....mungkinkaaaah kita kan slalu (eh, itu stinky ya..)"

Pas milih seat, kita masih kebagian row E loh! Tambah gak enak lagi deh perasaan saya...udah kebayang aja ntar waktu masuk bioskop, penontonnya cuma berapa gelintir. Begitu masuk, eh...bener aja dugaan saya,.cuma ada beberapa orang di dalem, bahkan sampe pilem dimulai penontonnya masih nyempil-nyempil aja...gak sampe separo. Ada yang parah..pilem udah dapet separo, eh, dia baru dateng -___-. Kebanyakan yang nonton sih keluarga, dan saya dengan nyamannya nonton dalam keadaan seat2 di depan saya hampir kosong melompong :D.

Let's talk about the movie.

The casts :

 image taken from : http://www.kapanlagi.com/

Reza Rahadian as B.J Habibie
Bunga Citra Lestari as Hasri Ainun

Sutradara : Hanung Bramantyo

Dimulai dengan latar negara Jerman dan memperlihatkan sosok Habibie muda yang sedang sibuk dengan riset dan buku-bukunya. Selanjutnya scene dibawa menuju kota Bandung tahun '60an di mana pada akhirnya Habibie bertemu lagi dengan Ainun setelah sekian tahun tak pernah bertatap muka, dan saya suka dialog saat Habibie bertemu Ainun yang sedang menjahit di ruang makan..

''Ainun!! Kamu cantik sekali! Dari gula jawa jadi gula pasir!''

Hakhakhak...saya suka sekali keadaan kaya gitu, saat para cowo yang dulu menganggap kita 'jelek'...trus setelah ketemu beberapa taun kemudian, mereka dibikin terkesima oleh 'si gula jawa' yang udah jadi 'gula pasir' :D (semacam dendam kesumat ya :D).

 image taken from : http://www.muvila.com/

Dari pertemuan di ruang makan itu, Habibie yang sudah tidak bisa melepas pandangan dari Ainun kemudian memberanikan diri untuk melamar Ainun,.dan gayung bersambut, Ainun ternyata juga punya perasaan yang sama. Trus kelanjutannya?
Hampir sama kaya di novel lah, namanya juga mengadaptasi dari novel. Ada risiko klasik untuk pilem-pilem yang mencoba mengadaptasi cerita dari novel:

Ceritanya gak sedetail novel, ada beberapa part penting yang justru gak keambil di scene, dan akhirnya jadi garing....-___-

Memang sebagai penonton yang awalnya sudah membaca novel, kita juga gak boleh menuntut terlalu banyak agar pilemnya seseru novelnya karna memang dengan durasi pilem yang cuma 2 jam itu akan sangat sulit untuk mengemas semua cerita dalam novel yang setebel itu.
Tapi ada juga loh beberapa pilem yang gak kalah seru dengan cerita novelnya :D.
Dan pilem ini kayanya juga terkena risiko klasik itu. Sebagian besar scenenya cuma merangkum sejarah hidup Habibie mulai dari menikah, pindah ke Aachen, sukses bikin gerbong yang kuat menahan tekanan lebih dari 200 ton, punya anak, dipanggil ke Indonesia untuk bikin pesawat, jadi menteri, diangkat jadi wakil presiden, menggantikan kursi kepresidenan presiden Soeharto yang waktu itu lengser, dan seterusnya.
Jujur tak jarang saya merasa bosan waktu nonton.

along the movie i kept telling my self like this:
come on, this is not a comedy movie
come on, enjoy this...enjoy the storyline
come on, you'll find the interesting part soon

Part mengenai betapa dalamnya hubungan dan ikatan batin antara Habibie dan Ainun seperti kurang sekali diekspose. Tentang betapa Habibie selalu mengagumi mata dan senyuman Ainun, hampir gak kerasa di pilem ini...malah, BCL yang meranin Ainun jarang sekali tersenyum. Endingnya aja yang mengena, saat-saat terakhir dalam hidup Ainun. Saya nangis loh, antara tersentuh dan teringat kalau saya juga pernah mengalami hal yang kurang lebih sama :).

 image taken from : http://www.wowkeren.com/

Overall,.bagus lah ya..tapi gak sampe thumbs up, sorry :D.
Ada beberapa hal baru yang saya dapet dari pilem ini,..bahwa Pak Habibie dan keluarga bekerja lebiiiiiih keras dari yang saya kira untuk sampai pada apa yang mereka capai sekarang, bahwa untuk mewujudkan sesuatu kita gak cukup punya keinginan keras saja tapi harus punya keinginan yang berkali-kali lebih keras, dan bahwa jadi presiden itu bener-bener gak mudah apalagi jadi presidennya Indonesia...jadi terlepas dari berbagai kritikan untuk presiden dan mantan-mantan presiden, saya salut sama mereka :).



Comments

Popular posts from this blog

G-Dragon - Crooked

Jalan-Jalan : Museum Angkut

Air Terjun Sumber Pitu : The Trip

Masih di Malang?