Angkot atau Tranportasi Online?

Pilih mana?

Kalo saya dua-duanya..muahahahaha

Buat orang yang gak bisa naek motor kayak saya, tentu angkot jadi pilihan utama buat ke mana-mana. Selain karena harganya murah (di malang tarif jauh dekat 4rebu), angkot juga menjangkau ke sebagian besar wilayah kota *pinter-pinter ngapalin jalurnya aja ya

Tapi, naik angkot bukan berarti tanpa keluhan.

Pak Sopir yang suka ngetem atau jalannya lambreta macam putri keraton dengan alasan nyari penumpang padahal saya lagi buru-buru, sebaliknya, kalo lagi kebut-kebutan, jantung saya juga ikut kebat-kebit.

Selain itu, rute yang muter-muter bikin makan waktu juga kalo tujuannya lumayan jauh.

Nah, disitulah transportasi onlen macam Go-Jek jadi alternatif brilian.
Kalo dulu-dulu pilihannya ya cuma taksi, tapi kan  mihil kakaaak..

Misalnya gini, saya ada jadwal kontrol dokter  yang prakteknya buka jam 7 s.d jam 9, bisa sih naik angkot, tapi biasanya makan waktu 30 sampe 45 menit di jalan, padahal kalo pake ojek onlen bisa 15 menit nyampe.
Pernah naik angkot, berangkat jam 8 pagi, nyampe sana udah jam 8.50 aja bok, dokternya udah keburu pergi.
Berangkat lebih pagi? bisaa, tapi buat saya gak efisien. Waktu yang terbuang di jalan itu bisa saya pake buat olahraga sama nyuci baju *yeah, hidup anak kost!

Selain itu, saya pake ojek onlen ke tempat-tempat yang gak bisa dijangkau angkot atau bisa dijangkau angkot tapi mesti oper dua kali, misalnya.
Saya cuma ngejar efisiennya aja, kalo masalah harga ya tetep mahalan tarif ojek onlen lah.

Eits, bukan berarti saya nyalahin angkot dan muji yang satunya loh ya. Semua sudah ada segmennya sendiri-sendiri. Saya yang ber-smartphone dan punya aplikasi Go-Jek pun masih lebih sering pake angkot.

Kalo sekarang angkot mulai sepi penumpang, jangan lantas sopir ojek onlen yang digebukin. Sepi penumpang itu bisa saja karena mereka yang dulu naek angkot sekarang sudah punya kendaraan pribadi, lihatlah betapa macetnya kota Malang sekarang..

Miris aja lihat berita bentrok antara sopir angkot dan angkutan onlen, wong sama-sama nyari rejeki. Begitu juga sama demo kemarin, waktu angkot mogok beberapa hari. Kalo angkot mogok, yang susah siapa cobak? penumpang dan keluarganya sopir angkot.
Ujung-ujungnya saya pake Go-Jek ...trus siapa yang untung??

Kasian juga sama driver ojek online yang gak berani pake seragam dan mesti sembunyi sembunyi ngangkut penumpangnya.

Pernah waktu itu saya naek angkot lewat deket stasiun, ada mobil minggir, dan dua orang yang di pinggir jalan udah siap-siap mau naek mobil itu. Tiba-tiba si mobil dipepet sama angkot yang saya naiki dan satu angkot lain, diklakson-klakson. Saya cuma bengong, gak ngeh maksudnya apa.

Pak angkot teriak ke temennya "grab iku,...mesti grab iku!"

Akhirnya mobil itu gak jadi minggir dan ngibrit entah ke mana.

#oh

Ternyata gitu.

Masalah kayak gini emang sering terjadi, seperti pembangunan mall vs pasar tradisional, indomaret/alfamart vs warung tradisional, dan bus angkutan sekolah gratis vs angkot yang berujung bus angkutan tinggallah rencana.
Tapi mbok ya gak usah pake kekerasan, pukul-pukulan, atau saling keroyok. Kalaupun mau mogok ya jangan berhari-hari.

Inovasi ini kan tujuannya baik, banyak masyarakat yang dimudahkan dengan adanya inovasi ini. Toh, pemerintah juga sedang berupaya memperbaiki peraturan biar semua bisa sama-sama jalan, jadi...yang damai aja dooong.









Comments

Popular posts from this blog

G-Dragon - Crooked

Jalan-Jalan : Museum Angkut

Air Terjun Sumber Pitu : The Trip

Masih di Malang?