Smart Phone, Dumb People

Suatu pagi pas lagi nonton tipi, gak sengaja saya liat tayangan kartun dongeng si Kancil. Tiba-tiba aja jadi nostalgia masa kecil dulu.

Saya tumbuh besar dengan dongeng yang hampir tiap malam diceritakan langsung oleh Bapak, mengalir aja tanpa buku cerita. Kebayakan ya seri ceritanya si Kancil ini, ada juga 'muntreng" gadis kecil pencari jamur, trus cerita rakyat kayak Timun Mas, Aji Saka, delele.

Mungkin karna itu juga saya jadi hobi baca, nulis, dan suka ngayal...hakhakhak

Sayangnya pas saya nonton tipi itu, dongengnya berbahasa Malaysia. Saya jadi suudzon dong..ini kan cerita pas jaman saya kecil dulu? ini dongeng yang dihafal bapak di luar kepala, kenapa kok jadi Malaysia yang bikin?

Dari situlah saya mulai cari tau, dongeng ini aslinya dari mana, jangan-jangan saya aja yang salah sangka..bisa jadi kan?

Ternyata emang bener, setelah saya baca di sini dongeng Kancil ini aslinya dari India, dan menyebar di Asia Tenggara seiring dengan penyebaran agama Budha dan Hindu.

Jadi ya gak salah kalau Malaysia juga familier dengan dongeng ini.

Jadi...ini sebenernya mau ngomongin apa?

Cross check, cek ricek, atau kalau dalam Islam biasa disebut tabayyun.

Ketika kita menerima suatu informasi yang berkaitan dengan suatu pihak dan menjurus pada opini tertentu, jangan lantas ditelan mentah-mentah, jangan lantas langsung menuding dan menyalahkan, apalagi disebarkan.

Teliti dulu dong sumbernya, cari tau dulu keakuratannya, cari tau duduk perkaranya seperti apa, kalau perlu tanya pada yang bersangkutan bener enggaknya.

Maraknya isu agama yang dimanfaatkan untuk kepentingan politik saat ini sudah seharusnya dibahas dan dihadapi dengan kepala dingin. Tapi yang bikin prihatin justru tak sedikit yang ikut tersulut, mengumbar amarah, dan menebar kebencian.

Beberapa orang yang dulu saya respect banget karna saya pikir mereka cerdas dan kritis, justru sekarang dengan mudahnya nge-share berita-berita provokatif yang bener-enggaknya aja masih jadi tanda tanya.

I mean, kok...segitu gampangnya gitu? apa untungnya coba? atau..emang mereka dibayar buat ngeshare hoax? #suudzon part two

Oke, cukup ya postingan sok bijaknya.

Maklum, yang nulis lagi capek sama medsos yang isinya orang-orang saling tuding dan saling benci. Panjangin dikit kenapa sumbunya? *ups

Comments

Popular posts from this blog

G-Dragon - Crooked

Jalan-Jalan : Museum Angkut

Air Terjun Sumber Pitu : The Trip

Masih di Malang?