Delay oh Delay


credit image : here
Saya jarang naik pesawat, tapi dari jumlah yang jarang itu, beberapa kali pernah kena delay.
Paling parah ya delay keparat dari C*tilink, waktu saya mau berangkat umroh dulu.

Kemarin akhir bulan Mei saya ke Jakarta lagi, ada tugas kantor 4 hari di sana. Berangkat pakai C*tilink dari Abd. Saleh (bandaranya baru ternyataaaa #norak) turun Halim Perdana Kusuma dan pulangnya naik Sr*wijaya dari Soekarno Hatta ke Juanda.
Begitu tau berangkat naik C*tilink, saya udah harap-harap cemas aja karena pengalaman saya sama maskapai ini gak pernah enak.

Alhamdulillah, C*tilink pinter hari itu. Pesawat gak terlalu ngaret dan selama perjalanan gak ada masalah. Akhirnya, ngerasain juga pelayanan C*tilink yang digembar gemborkan itu.
Lumayan lah, tapi tetep masih sakit hati...hakhakhak *saya mah gampang dendam orangnya

Masalahnya justru terjadi waktu pulang. Harusnya pesawat berangkat jam 18.35 dan jam 19.50 sudah nyampe Juanda.
Tapi ditunggu-tunggu sampai jam 19.00 kok gak ada pengumuman boarding? Ini kok counternya adem ayem aja gak siaran apa-apa? Padahal pesawatnya sudah siap di depan hidung dari tadi.

Kenapa pula ini?

Calon penumpang yang dari tadi bolak-balik ke counter, mulai marah-marah dong. Harusnya kalau ada delay, paling tidak sebelum jam 18.35 tadi counter udah ngasih pengumuman.
Lha ini, kok kita dicuekin aja? Mau dibawa kemanaaa....hubungaan...*oops

Begitu kena semprot para penumpang, baru mereka mulai konfirmasi. Mulai deh keliatan nyebelinnya...

Lebih sebel lagi begitu dengar jawaban petugas counternya, katanya delay sampai jam setengah 8 karena nungguin pesawat.
Yaelah toong, pesawat udah teronggok di depan mata dari tadi, ini pesawat mana lagi yang ditungguiiin? Situ pengen digitikin pake garpu ya?

Kebetulan di antara penumpang itu ada yang kenal sama "orang dalam"nya Sr*wijaya, dan dia dapet info kalau pesawat gak segera terbang karena pihak Sr*wijaya belom bayar landing fee ke Angkasa Pura Juanda, tambah muntab lah kita para penumpang yang udah mulai bergerombol di depan counter.

Ya gimana gak keluar taring sama tanduk, udah bayar tiket lunas tapi nasibnya gak jelas jadi terbang apa gak. Saya udah kebayang bakalan balik ke apartemen lagi, karena pesawat gak jadi berangkat.

Dalam keadaan seperti itu, yang penumpang butuhkan adalah permintaan maaf dari pihak maskapai dan info tindak lanjutnya gimana. Apa kita disuruh nunggu dulu? Kalau nunggu sampe jam berapa? Atau kita dipindah ke maskapai lain? Atau disuruh bobok-bobok aja di ruang tunggu?

Tapi enggak, ini petugas counternya malah nyolot sambil mengulang jawaban yang sama kaya kaset rusak.

Padahal kita udah tau kondisi sebenarnya kaya apa....zzzzz, beneran belom pernah ngerasain ditimpuk pake ulegan cabe kanyaknya.

Akhirnya jam 8 lebih baru keluar pengumuman boarding diikuti permintaan maaf pesawat delay karena ada masalah clearance. *Trus ada yang nyeletuk, "ya iya lah, emang belom bayar landing fee!"...hakhakhak, ketahuan nih yeee

Saya gak ingat waktu itu jadi terbang jam berapa, pokoknya di pesawat dapet roti sebiji sebagai permintaan maaf dan jam 10 malem baru nyampe Juanda. And you know what? Pesawat yang dipake ya pesawat yang dari tadi udah di depan idung!

Namanya delay emang gak pernah enak, dan saya gak menyarankan untuk sabar, sama sekali enggak! Saya sendiri juga pasti keluar taring kalo kena delay berkepanjangan, apalagi kalo jawaban petugasnya malah bikin kuping tambah panas.
Ya gimana ya,.. sejauh ini saya kena delay, petugas maskapai kalo gak dimarahin dulu mereka gak gerak cepat.

Dalam keadaan seperti itu yang diinginkan penumpang cuma kejelasan. Kalau emang delay, ya harus jelas berapa lama, trus komplimen ke kita itu apa. Mereka jual servis loh, sudah seharusnya kenyamanan penumpang jadi yang utama.






Comments

Popular posts from this blog

G-Dragon - Crooked

Jalan-Jalan : Museum Angkut

Air Terjun Sumber Pitu : The Trip

Masih di Malang?