MTD 2014 (Ngomel-ngomel alert!)

hmmm..awalnya saya gak mau nulis event ini, karena saya tau yang bakal saya tulis adalah full kritikan yang lebih mendekati omelan emak emak bawel -___-
Tapi setelah dipikir-pikir...bukankah kritik sudah seharusnya disampaikan? untuk perbaikan di masa mendatang? #oho!caleg kesiangan dari mana pula ini??

Festival Malang Kembali atau lebih beken dengan nama Malang Tempoe Doeloe (MTD) setau saya diadakan mulai taun 2008, saya ingat sekali waktu itu saya lagi KKN dan saya bela-belain turun gunung buat datang ke MTD ini. Dulu diadakan tiap taun, tapi mulai 2012 event ini diadakan tiap dua taun sekali..which is MTD selanjutnya digelar taun ini, 2014.


Tema taun ini adalah Satoes Akoe, 100 Lakoe yang memang menyesuaikan dengan tema 100 tahun kota Malang. Diadakan hari Jum'at tanggal 2 Mei 2014, konsep taun ini katanya menyajikan lebih dari 50 stand kuliner khas malang tempo dulu.
Dua taun cukup lah ya buat mupuk kangen (ehcieh), so pasti event taun ini begitu dinanti-nantikan.
Tapi oh tapiiiiii.....event taun ini bukannya jadi lebih spektakuler, malah menuai banyak kritik. Semacam kita udah ngarep banget dapet nasi padang komplit, eh...dapetnya cuma nasi sama sambel doang, nasinya kasar pulak! *aduh mbaaak, laper ya? kok ujung-ujungnya makanan -___-

Jadi ini nih hal-hal yang bikin saya jengah sama MTD taun ini:

* Acaranya pindah tempat

Kalau dulu-dulu event ini selalu diadakan di sepanjang Jl. Ijen yang tenang, asri plus jalannya lebar, taun ini dipindah ke sepanjang Jl. Basuki Rahmat yang hampir sepanjang jalannya adalah kawasan pertokoan. Hilang sudah harapan duduk-duduk menikmati suasana di rerumputan, poto-poto di taman, backgroud jadul delele...karena yang ada adalah ngemper di depan ruko, masa mau poto dengan background Mek Di,  KFC, Gramedia, Ramayana? yeuk mariii.

foto sekilas, ditengah-tengah kerumunan dan..blur =_=
Credit : http://eppymustika.blogspot.com/
Pertama kali denger kalo acaranya pindah ke Basuki Rahmat sih saya udah bad feeling aja. Basuki rahmat itu salah satu jalan utama, yang tentunya lalulintasnya padat sekali. Bisa kebayang lah macetnya seperti apa ketika kawasan ini ditutup.
Benar saja, ketika saya ke sana macetnya luar biasa. Deretan mobil sama motor udah mengular dari jarak 300 meteran. Butuh setengah jam lebih untuk menempuh jarak sedekat itu, buang-buang bensin banget gak sih? Jalan kaki aja udah nyampe dari jaman baheula kalik!

Saya gak tau persis ya alasannya kenapa kok event taun ini pindah, dan pindahnya juga gak strategis banget. Entah gak dapet ijin di Jl.ijen atau bagaimana, cuma kalau mau ngadakan lagi dan tempatnya masih sama kaya taun ini...ntar dulu yee...eke pikir-pikir dulu mau dateng apa gak.

* Cuma diadakan sehari saja

Iya, SEHARI.
Acara yang biasanya diadakan tiga hari tiga malam ini dirapel jadi sehari saja. Konsekuensinya yaaa...uyeluyelan lah. Semua orang tumplek blek dalam sehari itu, dan puncaknya pas malem hari. Wooooh, Jl. Basuki Rahmat berubah jadi lautan manusia motor dan mobil, mau gerak aja engap. Ngalah-ngalahin thawaf umroh deh bok.

Boro-boro mau nikmatin suasana tempo dulu di pinggir-pinggir jalan, minggir aja gak bisa. Trus di pinggir jalan juga gak terlalu ada yang bisa dinikmati sih. Mau poto-poto juga gak bisa, gerak aja susah gimana mau ngeluarin HP. Sempat sih ambil beberapa poto, tapi pas udah lewat jam 10 malam nunggu agak longgar dulu.

Credit : http://eppymustika.blogspot.com/

* Kurang Koordinasi

Ini juga yang memperparah keadaan.
Pertama, parkir kendaraan. Seharusnya antara jalan yang di tutup dan TKP ada space yang cukup untuk tempat parkir, jadi otomatis lalulintas kendaraan kan terhenti di parkiran dan TKP bersih dari kendaraan lalu-lalang. Nah, yang ini enggak. Kita jadi bingung lah nyari parkiran, karena emang parkirannya di pinggir jalan, trus jalannya masih dipake lalu-lalang kedaraan pulak.
Di TKP juga gitu, masih ada aja mobil dan motor yang maksa jalan lewat situ...ribet deh pokoknya. Jalan yang udah ditutup itu isinya manusia berjubel, motor yang gak bisa maju, dan mobil yang stuck gak bisa ke mana-mana.

Ke dua, tata letak stan. Ini stan yang mana saya juga gak jelas, soalnya sepanjang jalan yang keliatan cuma penjual kerak telor sama jeruk peres. Berasa Pasar Minggu pindah tempat dengan load pengunjung tiga sampai empat kali lipat. Ada sih keliatan penjual gulali sama gerabah, cuma ya nyempil di depan toko dan gak teratur sama sekali.
Jangan bayangkan ada gubug-gubug jerami kaya dua taun lalu...yang ada juga payung warna warninya penjual arbanat.

MTD 2009 Credit : http://eppymustika.blogspot.com/




Emang yang di atas isinya komplain semua, tapi kalo dipikir-pikir emang masih belom ketemu apa yang baik dari acara kemarin. Maap ya :P

Hampir semua orang yang saya kenal dan datang ke sana, juga mengeluhkan hal yang kurang lebih sama. Bahkan temen saya yang jauh-jauh datang dari Tuban dan udah dari siang ngendon di TKP pun bilang dia kecewa banget sama event taun ini. Berantakan.
Kritik-kritik kaya gini kan harapannya biar ada perbaikan ke depannya. Mudah-mudahan penyelenggaranya tanggap dan kalau ada MTD lagi taun depan atau entah kapan, kejadian kaya gini gak bakal terulang lagi.


Comments

Popular posts from this blog

G-Dragon - Crooked

Jalan-Jalan : Museum Angkut

Air Terjun Sumber Pitu : The Trip

Masih di Malang?