Goa Tetes : The Trip

credit image : mas ari

Hihihihi...di trip-trip sebelumnya kan pemandangannya langit dan laut biru,..kali ini ganti yang ijo...yang ijo...yang seger..yang seger...#aish! kok malah jualan es -_-
Kalo bikin makalah biasanya ada latar belakang, jalan-jalan harus pake latar belakang juga donk ya..

Minggu pagi itu saya masih bobok manis pas Linda bangunin saya buat minjem motor, setengah mimpi saya iyakan aja sambil nunjuk di mana kunci motornya.

evi : zzzzzzzzzzz (ilustrasi bobok)
linda : vul, pinjem motormu ya
evi: hmmm....kunci di meja ...zzzzzzzzzzz
linda: eh, ikut sekalian a? ke Goa Tetes
evi: (masih kiyep-kiyep).......hah? aku jik ngantuk...belom mandi
linda: makanya cepet mandi...ayo!

dan ngokk!! setengah jam kemudian saya udah nangkring di motor, dibonceng linda menuju Jl. Surabaya buat ngumpul sama temen-temen yang lain - dengan baju seadanya, gak pake disetrika...hakhakhakhak

Begitulah, saya selalu gak tahan sama godaan satu ini >> ajakan jalan-jalan, apalagi kalo belom pernah ke TKP

Goa Tetes terletak di Kecamatan Pronojiwo, Lumajang. Untuk menuju ke daerah ini, dari arah Malang lewat kecamatan Dampit yang memang berbatasan langsung dengan Lumajang. Kalo pake motor, butuh kurang lebih 2 jam perjalanan untuk sampe ke TKP - dengan catatan, jalannya lancar.
Pas udah belokan yang di pinggir jalan ada tulisan Goa Tetes, eh...kita disambut sama temen lama...
Say Big Hello to JALAN MAKADAM! Tapi untung aja, gak sampe sekilo udah nyampe parkiran..

Seumur-umur, saya ke goa itu ya baru 2 kali, yang pertama Goa Cina yang kaya goa-goa an itu dan yang ke dua ya Goa Tetes ini.
Namanya juga mendadak ikut, ya saya gak sempat nyari tau kaya gimana kondisi goa plus medannya. Saya yang emang berbakat meng-entengkan segala sesuatu ini, mikir yang namanya ke goa itu ya jalan sebentar trus..jluk! udah deh nyampe mulut goa, dan kita tinggal masuk liat-liat.

Eh, alamaaaak...ternyata Goa Tetes ini medannya aduhai banget. Jadi, untuk nyampe di goa nya, kita mesti turun tebing dulu, dan naek lagi ke tebing satunya yang medannya digerojok air! Ampun dijeeeeee T_T
kenapa namanya bukan Goa Gerojok aja ya??

Jalan turunnya kaya gambar di bawah ini.

credit image : mba linda
Gambar di atas itu gambar pas kita udah mau nyampe dasar, startnya ada diujung atas sana dan sukses bikin saya yang fobia ketinggian ini gemeteran lututnya.
Ada sedikit drama di perjalanan turun ini, salah satu temen saya kepleset di salah satu anak tangga yang emang licin plus berlumut dan spontan dia brojol dari bawah pegangan tangga ke arah samping-yang notabene adalah jurang!
Untuuuuung aja dia masih ketahan sama taneman-taneman, kalo enggak????
Lemes saya liatnya T_T

But the show must go on bibeh!! -masih semangat ini ceritanya-  hap!!...lalu ditangkap nyampelah kita di dasar, dan terlihat jelas what we're going through next!! #lap kringet dulu pake serbet

Naek lewat bagian yang berair ini :

credit image : mba linda

dan dilanjutkan menaiki yang ini :

credit image : mba linda

Meskipun capek dan bertanya-tanya dalam hati "ngapain juga tadi saya ikut?", tapi masih sempat ambil banyak beberapa jepretan kaya di bawah ini :

credit image : mba linda
dan ini:

credit image : mba linda
trus ini:

credit image : mba linda
sementara mba linda pose sok sweet, pose dua orang yang di sampingnya cukup abstrak dan agak sulit diterjemahkan
credit image : mba linda
pose encok bibeh!

Latar belakang foto-foto di atas adalah jalan yang harus kita daki biar nyampe ke goa. Saya yang dulu bisa kaya koala waktu ke Segoro Anakan, di sini mlempem tak berdaya melewati medan yang tinggi, berbatu, dan berair. Setelah merambat kaya keong, beberapa kali kepleset, dan basah semua....akhirnya sampailah kita ke lokasi.
Kalo minjem istilahnya Om Tukul, Goa Tetes ini...Amazing! Amazing! Amazing! #okeh, stop dulu sebelum digampar pake panci sama tetangga sebelah
Karna saya terbiasa sama pantai, jadi kaya nemu view yang beda aja ketika ke sini. Goa ini terdiri dari banyak ruang, yang konon katanya saling berhubungan.

Kok konon katanya??

Iya, saya gak lanjut masuk ke dalam, soalnya gelap gak keliatan apa-apa. Sensasi yang paling khas ya, mandi shower alami dari air terjun yang mengguyur batu-batu permukaan goa.

credit image : mba linda


credit image : mba linda
Look at that! Bagus banget kan view-nya. Ketika foto di atas di ambil, saya lagi duduk menggigil kedinginan  di pinggir goa...hakhakhak. Bodohnya lagi, saya sama Linda gak bawa baju gantiiiii T_T
Kirain yang namanya Goa Tetes ini kan goa yang ada air netes-netes dari stalaktitnya gitu dan emang gak ada pikiran sama sekali bawa baju ganti, eh...ternyata...nyampe sini diguyur air -___-

credit image : mba linda
Jam setengah 2 siang kita siap-siap balik. Balik di sini definisinya adalah turun lewat tebing berbatu-berlumut-berair yang kita daki tadi dan kalo udah nyampe dasar dilanjutkan dengan naik anak tangga menuju atas tebing...ajegile jonih!!!!
Dalam hati saya mikir...

kok gak ada yang pengen bangun jembatan dari goa langsung ke parkiran ya?? #imajinasi
kok gak ada yang pengen masang gondola Ancol di sini ya?#lagi-lagi imajinasi
paling ada jalan pintas ke parkiran lewat dalam goa ya? #mulai berhalusinasi
kalo di sini aja gak usah pulang gimana? #desperate gilak

Bismillah...pelan-pelan kita mulai turun dan beberapa kali kepleset. Di ketinggian kaya gini, saya mending naik daripada turun..soalnya, kalo naik asalkan gak liat bawah kan gak kerasa apa-apa...nah, kalo turun, mau gak mau bawah-yang jurang berbatu itu kan keliatan, gemeteran lagi deh lutut saya.
Tapi akhirnya si penakut ini nyampe bawah juga, setelah istirahat sambil nungguin temen-temen yang sholat kita lanjut naik anak tangga..dan rasanya...errrr...berkali lipat lebih berat dari turun pas berangkat tadi.
Dengan sisa-sisa tenaga yang ada, kita naik....disambi nyanyi, duduk, bengong, ketawa-ketiwi...masih tetep aja gak habis-habis anak tangganya...hakhakhak

Tapi tetep aja, that's a fantastic baby journey ! Belom pernah sebelumnya saya nemu tempat sekeren ini. Keren tempatnya dan keren pulak medannya. Bikin saya mikir, mungkin lebih baik niatan ke Semeru ditunda dulu ya, soalnya kena medan kaya gini aja ngeluhnya sepanjang jalan...kekekeke
Dadah Bubye Goa Tetes, kamu emang amazing...tapi kalo balik lagi ke sini,...err...ntar dulu deh yaaaa,.
Iya, kamu sukses bikin saya kapok dan sukses bikin saya jalan kaya robot 3 hari :D

credit image : mba linda

Comments

Popular posts from this blog

G-Dragon - Crooked

Jalan-Jalan : Museum Angkut

Air Terjun Sumber Pitu : The Trip

Masih di Malang?